Lilypie 1st Birthday PicLilypie 1st Birthday Ticker
Sunday, June 15, 2008
New Baby Born
Finally, Minggu / 8 Juni 2008 kemaren tepat pukul 14.40 WIB lahir putra pertama kami "Lamia Aqila Kya Mecca" panggilannya Kya lewat operasi cesar di RS Hermina Pasteur Bandung.
Rencana awal, Kya bisa dilahirkan dengan spontan, namun setelah 37 jam di rumah sakit dan hanya sampai bukaan 3, akhirnya diputuskan untuk cesar.
Hmmm... pas di usia 38 minggu, dan secara kebetulan baru akan cuti 3 bulan dr kantor, Sabtu 7 Juni 2008 dini hari (01.00 pagi) perjalanan menjadi seorang ibu dimulai. Masuk rumah sakit karena rembesan dan flek darah (dikira pecah ketuban), so segera ke rumah sakit ternyata sampai dirumah sakit baru bukaan 1 longgar menuju bukaan 2 dan ketuban+jantung kya masih baik2 aja.
Visit dokter jam 7 pagi, bukaan belum berubah dan diperkirakan masih sore hari melahirkan. Saya disuruh berjalan2 untuk melancarkan jalan lahir, namun sampe malam 7 malam bukaan masih 2, dokter bilang mungkin subuh.
Subuh, 8 Juni 2008 jam 5 pagi masuk lagi ruang bersalin, tnyt tak kunjung menambah juga bukaannya dari bukaan 2 , akhirnya dokter memutuskan untuk dilakukan induksi setelah 30jam bukaan tidak juga menambah.
Induksi dimulai tepat stg9 dengan kecepatan infus 60ml per jam. Checking jam stg 10 pagi bukaan naek satu sampe bukaan 3. Checking berikutny dilakukan jam 1 siang (+/- 5jam) namun bukaan tetep bukaan 3 dan rasa sakitny Masya Allah luar biasa. Suster bilang, kalo normal per 1 jam induksi itu harusnya naek 1, jadi setelah 5 jam itu minimal sudah bukaan 7...
Sakit yang luar biasa dan indikasi gagal drip (induksi) membuat keluarga dan diri untuk mengambil keputusan, apakah akan dilakukan observasi lanjutan induksi dan dicek jam 5 sore mendatang atau dilakukan operasi cesar. Akhirnya diputuskan untuk cesar, karena kondisi setelah induksi pun belum tentu akan menjamin kekuatan mengejan setelah bukaan 10 nanti ( boro2 mau mikir makan, mikir sakitny aja ud gak ketulungan :P).

Ya jam stg2 persiapan sectio cesaria dipersiapkan, masuk ruang operasi ALONE (gak boleh ditemenin booo), suntik epidural untuk bius lokal, operasi dimulai. ya mata bisa liat kiri kanan, liat lampu operasi perutny lagi diapain, liat adenya dikeluarin, ari2nya dikeluarin, tali pusernya dipotong, dijaitnya... ya semua bisa dijalanin dengan kunci PASRAH, karena no one knows how the end of the natal process ;)...
Cesar juga gak enak koq, suntik epidural sakit, suntik tes alerginy sakit, badannya mengigil, pernapasan sebelum bayi keluar juga agak sesek, keluar2 mengigil, batuk gak bisa alhasil jadi mual... tp bisa ngobrol ama dokter anestesinya klo kenapa2 :D
Both of spontan or cesar semuanya butuh pengorbanan koq, dan dua2nya merupakan proses being mother yang emang ajaran agama benar memuliakan seorang ibu,,,


Buat yang mo melahirkan, ga usah diambil pusing or takut, sakit setelah cesar memang ada tapi klo berlatih dan niat yang kuat insya allah kurang dr 1 minggu udah pulih koq. 1 hari ud bisa jalan koq ;)... trus intinya banyak berdoa dan pasrah aja... semua proses harus dijalanin dan klo adenya ud lahir dengan selamat dan normal alhamdulillah semua sakitnya hilang ;)

oya untuk proses cesar kalo di hermina, adenya dibawa ke ruang ibu (ruang pasca melahirkan) after 2 jam. suster akan cek asi dr payudara kita, ada ataupun tidak adenya diajarkan untuk mengenali puting susu ibu. setelah 6 jam (observasi bayi oleh dokter anak) baru bisa dibawa ke ruang perawatan ibu. Jika menginginkan pemberian ASI Ekslusif, maka adenya ditaruh dikamar kita hanya sewaktu2 ditaruh di ruang bayi, namun jika tidak maka lebih sering ditaruh diruang bayi dan tergantung juga dari ASI ibunya, jika ASInya kurang banyak terpaksa adenya ditambah susu formula. Alhamdulillah Kya bisa ASI ekslusif di RS tanpa sufor.

Segitu dulu ya sharenya, doain Kya sehat ya, jadi anak soleh, cerdas, penyejuk keluarga dan semua yang baik2... Amin :)
 
posted by weeta_dicky at 10:55 AM | Permalink |


2 Comments:


  • At 9:33 AM, Anonymous Anonymous

    alhamdulillah.
    salam dari om Lutfi yah de Kya!

    jangan lupa share tips nya yah Wit ke Sandra :)

     
  • At 11:36 AM, Anonymous Anonymous

    tdnya ga mo baca, akhirnya baca juga...

    huhuhu, atutt....